Jam Kerja
Senin - Sabtu, 08.00 - 20.00 WIB
Telepon
08980001681
HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP

Suzuki Berencana Tingkatkan Kapasitas Produksi di Indonesia, Model Baru Juga Disiapkan

Suzuki bersiap untuk meningkatkan kapasitas produksi mobil di Indonesia. Hal itu dilatarbelakangi kapasitas produksi Maruti Suzuki di India yang mencapai 2 juta unit per tahun dianggap belum cukup untuk memenuhi pasar global.

“Atas dasar itu prinsipal Suzuki di Jepang menyiapkan strategi jangka panjang dengan menyiapkan pemindahan kapasitas produksi dari India, salah satunya melihat Indonesia,” terang Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Yogyakarta belum lama ini.

Menurutnya, kapasitas produksi di India dan Jepang sudah maksimal, dan pabrik yang bisa dioptimalisasi ada di Indonesia.

“Pada dasarnya Suzuki Indonesia sudah siap bila memang prinsipal Suzuki menunjuk Indonesia. Saat ini kapasitas terpasang pabrik Suzuki di Indonesia ada 300.000 unit, dan kapasitas terpakainya 200.000 unit per tahun,” ujar Donny.

Lebih lanjut pria berkacamata itu menyampaikan, rencana tersebut bakal terealisasi paling cepat 2024 atau 2025.

Meski tidak menyebutkan produk apa yang nantinya bakal diproduksi di Tanah Air, dirinya memastikan itu merupakan produk global yang siap diekspor.

“Terlepas model apa, saya belum bisa kasih info. Tapi secara garis besar kita sudah ke arah sana,” kata Donny.

Sekadar informasi, saat ini Suzuki Indonesia hanya memproduksi empat model, yakni APV, Carry pikap, Ertiga series, dan XL7 series. Sementara model lain, seperti Baleno, Ignis, S-Presso, dan Grand Vitara masih didatangkan langsung dari India.

Toyota Rumion Jadi Kembaran Suzuki Ertiga di India

Pada September 2023, Toyota akan memperkenalkan model terbaru mereka di India yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga. Model ini sebelumnya telah diniagakan secara resmi di pasar otomotif Afrika Selatan, dengan menggunakan nama Toyota Rumion.

Model facelift dari Suzuki Ertiga ini hadir dengan tampilan berbeda di bagian grill. Dilansir Autocar India, pada bagian tersebut desainnya dibuat menyerupai Innova Reborn yang berbentuk trapesium lengkap dengan logo Toyota di bagian porosnya.

Sementara sisanya, baik bagian samping dan belakang, bahkan sampai interior dan layout di dalamnya, Toyota Rumion masih menggunakan basis dari Suzuki Ertiga tanpa adanya perubahan.

Sebagaimana produk rebadge, Toyota Rumion ditenagai mesin yang sama dengan Ertiga di mana dipersenjatai dengan dapur pacu empat silinder segaris berkapasitas 1.5 liter yang mampu memproduksi 103 tk dengan torsi puncaknya 137 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan atau automatic enam percepatan.

Untuk perbedaan mendasarnya, Toyota Rumion di India akan ditawarkan dengan skema warna beige, berbeda dengan model yang dirilis di Afrika Selatan di mana interiornya dibekali dengan nuansa serba hitam.

Mengenai ketersediaannya, model ini akan diproduksi dan dipasok langsung oleh Maruti Suzuki, sama seperti model Toyota Glanza yang sebelumnya mengambil basis dari Suzuki Baleno. 

Sumber:https://www.liputan6.com/otomotif/read/5341799/suzuki-berencana-tingkatkan-kapasitas-produksi-di-indonesia-model-baru-juga-disiapkan